Pelatihan Cara Membuat Rambak Kaki Ayam & Keripik Sayur

Posted on August 7, 2010
Filed Under kursus dan pelatihan

BELAJAR MEMBUAT RAMBAK CAKAR AYAM RENYAH di TRISTAR

Memasak mungkin sudah menjadi kegiatan sehari-hari, namun tidak semua orang dapat dengan mudah memperoleh berbagai informasi mengenai berbagai jenis makanan yang menjadi tren dan dijual di pasaran. Untuk itu Tristar sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan memberikan berbagai pilihan kursus kuliner yang bisa diikuti. Dan pada kesempatan kali ini Selasa (1/06), Tristar Home Industry Course yang beralamatkan di Jl. Rungkut Mapan Utara Blok CA No.24 Surabaya menyelenggarakan kursus pembuatan jamur crispy, rambak cakar ayam dan keripik bayam.
Acara kursus yang dimulai pada pukul 10 pagi ini diiukuti oleh 3 orang peserta yang datang dari Surabaya dan Gresik.

Materi yang pertama kali diajarkan oleh Endang sebagai pengajar adalah rambak cakar ayam. Cakar ayam kini memang tak hanya bisa kita nikmati sebagai makanan pendamping nasi atau sebagai lauk saja melainkan bisa juga kita nikmati sebagai camilan. Namun tak banyak orang yang tahu bagaimana cara membuatnya. Alasan inilah yang mendasari para peserta untuk mengikuti kursus ini. “Saya ingin sekali memanfaatkan ceker ayam untuk bisa lebih bermanfaat dan bisa diproduksi. Karena saya mempunyai usaha sebagai distributor daging sapi, ayam dan lainnya. Sehingga seringkali banyak cakar ayam yang terbuang. Nah, dengan kursus ini saya berharap nantinya bisa membuat rambak cakar ayam sehingga bisa menmbah nilai jualnya.”ujar Ibu Khusnul, salah seorang peserta.

Dalam pembuatan rambak cakar ayam ini, para peserta diajarkan mulai dari membersihkan cakar, merebusnya, cara menguliti cakar ayam, mengeringkan dan menggorengnya. Tidak hanya sekedar mendegarkan penjelasan saja, para peserta juga diajak untuk ikut praktik bersama-sama.


“Pilihlah cakar ayam yang ‘gemuk’, agar nantinya Anda tidak kesulitan mengulitinya dan juga akan berpengaruh pada hasil jadi rambak cakar ayam”jelas Endang.
Bahkan para peserta juga diajarkan mengeringkan cakar ayam dengan menggunakan oven blower. Hal ini ditujukan agar para peserta yang nantinya akan membuka usaha pembuatan rambak cakar ayam bisa tetap berproduksi meski tidak ada panas matahari untuk mengeringkan cakar ayam.



Sambil menunggu pengeringan cakar, Endang meneruskan dengan materi selanjutnya yaitu jamur crispy. Makanan ringan berbahan jamur ini, memang kini sedang menjadi tren di masyrakat. Tak hanya karena rasanya yang gurih, namun juga teksturnya yang renyah semakin membuat makanan ini digemari. Mula-mula jamur di suwir-suwir terlebih dahulu kemudian baru baru dicampurkan dengan bumbu dan tepung kemudian baru digoreng hingga kering.
Bila Anda menginginkan hasil pembuatan jemur crispy lebih awet dan maksimal maka sebaiknya minyak yang ada pada jamur yang sudah digoreng harus benar-benar tiris. Namun ada cara mudah untuk membuat minyak benar-benar tiris, salah satunya adalah dengan menggunakan alat peniris minyak. Para peserta diajak secara langsung melihat cara kerja alat ini, sehingga para peserta dapat langsung membandingkan hasil jamur crispy ini setelah ditiriskan dengan alat ataupun tidak. Bila jamur crispy benar-benar tiris dari minyak akan sedikit memperpanjang masa simpan, hal ini dikarenakan makanan yang diiproses dengan cara digoreng masa simpannya akan lebih pendek karena rasanya akan berubah menjadi tengik.

Berlanjut dengan materi yang terakhir adalah pembuatan keripik bayam. Masih dengan antusias para peserta mengikuti penjelasan dan langkah-langkah pembuatannya. Endang juga memberikan penjelasan mengenai cara pemilihan bayam. “Gunakan daun bayam yang lebar-lebar ya bu”ujarnya. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan adonan pencelupnya dan menggoreng bayam hingga kering. Masih sama dengan jamur crispy, setelah digoreng, keripik bayam harus benar-benar tiris sebelum disimpan ataupun dikemas.

Di akhir acara kursus, rambak cakar yang sudah dikeringkan kemudian digoreng. Ada tips khusus dalam menggoreng rambak cakar ayam ini, minyak yang digunakan untuk menggoreng haruslah benar-benar panas sehingga cakar ayam yang digoreng hasilnya akan mekar dengan sempurna dan hasilnya tidak liat.


Setelah semua materi selesai disampaikan, para peserta dapat langsung membawa pulang hasil jadi materi yang sudah dipraktikkan. Peserta mengaku puas mengikuti jalannya kursus ini karena berbagai hal yang menjadi pertanyaan peserta dapat terjawab. Selain itu, peserta juga dapat langsung ikut mempraktikkan materi yang diajarkan./nv

Comments

One Response to “Pelatihan Cara Membuat Rambak Kaki Ayam & Keripik Sayur”

  1. tri nuryanti on August 12th, 2010 8:19 pm

    pelatihannya kok nun jauh disana,,,kapan giliran serpong tanngeerang,,,,,

Leave a Reply